"Tidakkah cerita yang hebat itu mempunyai akhir?" ~J.R.R Tolkien

Dua kata yang hampir selalu ditulis oleh seorang pemula yang mempelajari bahasa pemrograman komputer adalah "Hello World" (Halo Dunia). Menurut legenda dua kata ini bermula dari sebuah program contoh yang ditulis oleh Brian Kernighan untuk memperkenalkan bahasa pemrograman C pada 1970 silam. Di sinilah aku memulai blog ini dengan "Halo Dunia."

Sejak 1970 komputer dan software berkembang dengan pesat. Kenyamnan yang kita nikmati bersama tidak bisa terlepas dari software yang semakin canggih dan rumit. Ada yang bilang kerumitan yang muncul itu sengaja dibuat-buat, istilahnya accidental complexity. Aku ingin mengerti, dengan bahasaku sendiri, apa betul kerumitan itu sengaja dibuat-buat. Selain itu, selama berkarir dan menjalani hidup, Aku senantiasa menjumpai hal-hal baru. Aku jarang berhenti dan meresapi apa yang baru aku temui itu. Sesungguhnya kebiasaan lama ini perlu diubah.

Terima kasih telah membaca. Mengutip percakapan Frodo dan Sam, "Sesungguhnya kisah yang hebat itu tidak berakhir. Hanya orang-orangnya saja yang datang dan pergi ketika bagian mereka sudah selesai." Selama bagianku masih ada, aku akan menuliskan sedikit cerita.